Tuesday 15 January 2013

mengobati cacing kremi



PENGOBATAN
Infeksi atau terjangkit cacing kremi dapat disembuhkan dengan cara pemberian dosis tunggal obat anti-parasit mebendazole, albendazole atau pirantel pamoat. Seluruh anggota keluarga dalam satu rumah harus meminum obat tersebut karena infeksi ulang bisa menyebar dari satu orang kepada yang lainnya.Untuk mengurangi rasa gatal akibat cacing kremi, bisa dioleskan krim atau salep anti gatal ke daerah sekitar anus sebanyak 2-3 kali/hari. Meskipun telah diobati dengan minum obat, sering terjadi infeksi kembali karena telur yang masih hidup(dapat menetas) yang tersisa dalam perut terus dibuang bersama tinja selama seminggu setelah pengobatan. Pakaian, seprei dan mainan anak sebaiknya sering dicuci untuk memusnahkan telur cacing yang tersisa.
Jika salah satu anggota keluarga terinfeksi cacing kremi, sebaiknya pengobatan diberikan kepada seluruh anggota keluarga, agar penyebaran cacing ini dapat dihentikan secara menyeluruh.

PENCEGAHAN
Sebagai upaya pencegahan yang paling mujarab adalah dengan menjaga kebersihan. Kebersihan termasuk kebersihan perorangan dan tempat tinggal. berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk mencegah tertular atau terinfeksi cacing kremi ::
  • Kuku hendaknya selalu dipotong pendek
  • Tangan hendaknya selalu dicuci sebelum makan
  • Makanan sebaiknya dihindarkan dari debu dan tangan yang mengandung parasit
  • Pakaian dan alas kasur hendaknya dicuci bersih dan diganti setiap hari.
semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

No comments:

Post a Comment