Friday 1 February 2013

Kaki Gajah

KAKI GAJAH

Kaki gajah adalah suatu penyakit dari infeksi cacing. Penyebab penyakit kaki gajah yang paling utama disebabkan oleh cacing filaria diantaranya adalah Wuchereria Bancrofti, Brugia Malayi, Brugia Timori yang ditularkan oleh berbagai jenis nyamuk. cacing ini menyerupai benang dan hidup dalam tubuh manusia terutama dalam kelenjar getah bening dan darah. Cacing ini dapat hidup dalam kelenjar getah bening manusia selama 4 – 6 tahun dan dalam tubuh manusia cacing dewasa betina menghasilkan jutaan anak cacing (microfilaria) yang beredar dalam darah terutama malam hari.
Penyakit ini bersifat menahan (kronis) dan bila tidak mendapatkan pengobatan dapat menimbulkan cacat menetap berupa pembesaran kaki, lengan dan alat kelamin baik perempuan maupun laki-laki.


Cara Penularan

Seperti dijelaskan sebelumnya, penularan penyakit Kaki Gajah ini melalui gigitan nyamuk yang mengandung larva cacing filaria. Di dalam tubuh manusia yang digigit nyamuk tadi cacing filarial ini berkembang biak dan menyebabkan pembengkakan pada bagian tubuh penderita.





Gejala Yang Tampak
Apabila seseorang terserang filariasis, maka gejala yang tampak antara lain:


1.     Demam berulang-ulang selama 3 - 5 hari, demam dapat hilang bila si penderita istirahat dan muncul lagi setelah si penderita bekerja berat.
2.     Pembengkakan kelenjar limfe (tanpa ada luka) di daerah lipatan paha, ketiak (lymphadenitis) yang tampak kemerahan. Diikuti dengan radang saluran kelenjar limfe yang terasa panas dan sakit yang menjalar dari pangkal kaki atau pangkal lengan ke arah ujung (Retrograde lymphangitis) yang dapat pecah dan mengeluarkan nanah serta darah.
3.     Pembesaran tungkai, lengan, buah dada, buah zakar yang terlihat agak kemerahandan merasa panas (Early lymphodema).

Diagnosa Medis
Apabila seseorang terserang filariasis, maka dapat di diagnosis secara medis dengan cara mengambil sampel darah si penderita. Sebaiknya pemeriksaan dilakukan pada malam hari sekitar pukul 20.00 waktu setempat. Karena pada saat malam hari mikrofilaria terdapat di dalam darah tepi penderita.
Jika memang ditemukan mikrofilaria didalam darah si penderita, maka orang tersebut telah dinyatakan terserang penyakit kaki gajah (filariasis).
Gejala penyakit kaki gajah sangat penting sekali diketahui dan dipahami jika kita ingin mampu menangani dengan baik. Dengan mengetahui gejalanya diharapkan pula tidak terjadi sebuah cacat yang bersifat menetap pada penderita karena jika dibiarkan selama bertahun–tahun atau kronis dan tidak mendapatkan pengobatan maka risiko tinggi terjadinya prognosis buruk sangatlah mungkin. Maka sangatlah dibutuhkan perawatan yang intensif.

No comments:

Post a Comment